Senin, 03 Agustus 2015

Gubernur Dukung Indonesia Scouts Challenge

SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendukung penuh penyelenggaraan Indonesia Scouts Challenge (ISC) 2015-2016 yang rencananya digelar pada September 2015-Agustus 2016 mendatang. Acara yang kali pertama dihelat di Jateng ini digagas oleh Jawa Pos Group bekerja sama dengan Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jateng.
”Konsepnya cukup menarik dan saya siap mendukungnya. Sebab, di sana ada pengembangan personal, team work dan character building,” ungkap Ganjar saat audiensi dengan jajaran pengurus Kwarda Gerakan Pramuka Jateng dan Jawa Pos Group di ruang kerjanya, Senin (6/7).
Hadir dalam audiensi Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jateng Prof Dr Ir S Budi Prayitno, MSi, Direktur Jawa Pos Radar Semarang Abdul Aziz, Kepala Biro Bina Mental Setda Provinsi Jateng Raharjanto Pujiantoro, Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Jateng Kartono, Pemimpin Redaksi Jawa Pos Radar Semarang Arif Riyanto dan Media Relations Manager PT DBL Indonesia sekaligus penyelenggara ISC Jateng, Roky Maghbal.
Ganjar mengakui, dalam kegiatan Pramuka pendidikan karakter diajarkan secara maksimal. Menurut dia, Dasa Dharma Pramuka merupakan kata suci yang mampu menjadikan seseorang berbuat dan bertindak baik. Ia mencontohkan isi Dasa Dharma, yakni rela menolong dan tabah, serta suci dalam pikiran perkataan dan perbuatan.
”Bayangkan, sudah rela menolong masih tabah. Luar biasa kan? Makanya, sejak SD hingga SMA saya selalu ikut Pramuka. Baru waktu kuliah pindah Mapala (Mahasiswa Pencinta Alam) yang merupakan pengembangan dari pendidikan karakter,” katanya.
Ia mengakui, kegiatan Pramuka sekarang perlu inovasi. Sebab, tak sedikit siswa yang ikut Pramuka karena terpaksa. ”Saya kira kegiatan Indonesia Scouts Challenge ini sangat menarik. Pasti siswa akan ikut bukan karena terpaksa, tapi karena kemasan acaranya memang menarik dan inovatif,” pujinya.
Untuk menyukseskan acara tersebut, Ganjar menyarankan untuk menggandeng pihak sponsorship melalui dana CSR (Corporate Social Responsibility) perusahaan. Misalnya, perusahaan jamu, perusahaan buku tulis, dan produk asli buatan Jateng. Dalam hal ini, Ganjar mengaku siap memberikan rekomendasi.
”Saya membayangkan nantinya ada semacam herbal festival di sela-sela kegiatan tersebut. Ini sekaligus mengenalkan produk kita,” terang pria yang juga sebagai Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Gerakan Pramuka Jateng ini.
Menanggapi hal tersebut, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jateng Prof Dr Ir S Budi Prayitno, MSi mengaku gembira. Ia berharap nantinya ada wakil dari Jateng yang berhasil menjadi duta Pramuka yang dikirim ke Amerika Serikat sebagai hadiah utama.
”Kami juga berharap dari pemprov menyediakan dana tambahan untuk mengirim regu terbaik yang tidak lolos ke Amerika untuk mengikuti jambore di negara tetangga,” harap pria yang akrab disapa Kak Budi ini.
Direktur Jawa Pos Radar Semarang Abdul Aziz mewakili Jawa Pos Group menyatakan, dengan adanya dukungan penuh dari Gubernur Jateng, target 200 ribu peserta tidaklah sulit untuk dicapai. Pihaknya juga akan membantu memfasilitasi melalui publikasi di seluruh Jawa Pos Group yang ada di Jateng. ”Selain Radar Semarang, juga Radar Kudus, Radar Solo, Radar Kedu, Magelang Ekspres, Kebumen Ekspres, Radar Banyumas, Radar Tegal dan Radar Pekalongan,” katanya.
Selain itu, kata dia, tim DBL Indonesia akan mengemas event ISC lebih menarik dan fun. ”Harapannya, kegiatan Pramuka akan semakin dicintai oleh generasi muda. Dan, bisa membentuk karakter sesuai isi Dasa Dharma dan Tri Satya Pramuka,” ujarnya. (Radar Semarang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar