Kamis, 06 Februari 2020

H0219020 BINTANG FORTUNA PERMATANINGSIH Penulis Mahasiswa Program Studi Ilmu Tanah(https://ilmutanah.fp.uns.ac.id/) Fakultas Pertanian http://fp.uns.ac.id/ (https://uns.ac.id/id/)


Pada era sekarang ini kemajuan teknologi berkembang sangat pesat, tidak hanya di kota kota besar namun kemajuan teknologi sudah menyelinap dan membaur di pedesaan. Dari mulai orang dewasa dan bahkan anak anak dibawah 10 tahun yang semestinya masih bermain kelereng atau lompat tali sekarang sudah kecanduan teknologi seperti smartphone.Namun dibalik perkembangan yang pesat banyak dampak buruk yang membersamainya ada juga dampak positif , kita dapat dengan mudah mengakses informasi seperti mencaritahu informasi mengenai perguruan tinggi yang kita inginkan. Salah satu contohnya yaitu Universitas Sebelas Maret (UNS) yang memiliki web web yang berisikan banyak sekali informasi penting dan juga menarik. Di UNS ini memiliki web utama yaitu https://uns.ac.id/id/, selain web utama, pada setiap fakultas di UNS juga memiliki web yang berisi informasi dan update tentang kegiatan di fakultas terssebut.
Pada web fakultas pertanian (http://fp.uns.ac.id/) yang didalamnya juga memuat informasi informasi yang menarik yang mungkin banyak mahasiswa khususnya mahasiswa fakultas pertanian belum membacanya bahkan belum mengetahuinya. Didalam web tersebut terdapat salah satu artikel yang menarik yaitu tentang ‘’larangan botol plastik’’ yang didalamnya memuat jumlah sampah yang naik secara signifikan dan terdapat instruksi Menristekdikti Nomor 1/M/INS/2019 tentang Larangan Penggunaan Air Minum Berbahan Plastik Sekali Pakai dan/atau Kantong Plastik. Informasi seperti ini tentunya sangat penting untuk kita ketahui sebagai langkah awal dalam mengurangi kerusakan lingkungan.
 Selain itu ,Di dalam web yang ada di UNS salah satunya web (http://feb.uns.ac.id/feb/) berisikan bagaimana UNS mewujudkan kampus hijau(green campus) adalah sebagai upaya untuk mengurangi kerusakan lingkungan. Dalam web tersebut tertulis bahwa UNS menyediakan bus kampus yang harganya ramah kantong mahasiswa terutama anak kos karena bayarnya sukarela, namun kebanyakan mahasiswa merogoh kocek Rp 1000-2000 . bus kampus ini tentunya berperan penting dalam menjaga lingkungan karena mengurangi polusi yang disebabkan oleh kendaraan bermotor.
Selain berisi artikel seperti diatas, web web yang ada  di UNS juga terdapat banyak sekali informasi yang dapat diakses seperti kegiatan mahasiswa UNS baik kegiatan yang diselenggarakan kampus maupun kegiatan yang ada pada setiap prodi di setiap fakultas yang ada di universita Sebelas Maret ini, opini opini para mahasiswa maupun opini dosen yang tentunya sangat menarik untuk dibaca, penelitian para dosen, pengumuman kegiatan kampus, agenda kegiatan, informasi ter-update perihal kampus seperti ketika ada penerimaan mahasiswa baru tentunya web akan update informasi terbarunya, dan masih banyak lagi.
Selain itu  UNS juga memiliki web jurnal.uns.ac.id yang berisi jurnal-jurnal yang diterbitkan oleh seluruh Civitas di lingkungan Universitas Sebelas Maret.Tentunya jurnal yang ada sangat menarik . Web ini tentu saja sangat mempermudah seluruh mahasiswa maupun dosen untuk menambah sumber belajar mereka. Universitas Sebelas Maret ini juga memiliki web yang berisikan tentang informasi Beasiswa yang sangat banyak dan sangat menguntungkan mahasiswanya. Terdapat banyak sekali beasiswa baik beasiswa prestasi atau dengan nilai yang diperoleh selama kuliah sampai pada beasiswa bidikmisi bagi mahasiswa yang kurang mampu dan tentunya sangat mudah di akses melalui web https://sibea.mawa.uns.ac.id/
Dari keseluruhan web yang ada di UNS ini  web utama yang paling update dibanding web setiap fakultas, namun itu sudah sangat cukup untuk memberi tahu informasi kepada para mahasiswa mapupun khalayak umum untuk mengetahui kehidupan di UNS dan update terbaru yang ada di UNS melalui web yang ada.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar