Sabtu, 01 Agustus 2015

Fakta Unik dan Menarik Pramuka Indonesia dan Dunia

Fakta Unik dan Menarik Pramuka Indonesia dan Dunia

Pramuka
  1. Pramuka adalah wadah organisasi yang ada di semua jenjang pendidikan Mulai SD SMP SMA sampai Universitas. Melalui ekstra kurikuler. Ada yang wajib dan ada juga yang sifatnya sukarela. Biasanya untuk jenjang SD SMP diwajibkan. Sementara SMA dan Universitas sudah sukarela.
  2. Lambang pramuka adalah Tunas Kelapa. Alasannya semua bagian kelapa sangat bermanfaat mulai dari daun, buah, batang pohon, dan akar kelapa.
  3. Pramuka hanya mengenal kata sapa kakak dan adik tanpa bapak dan ibu. Meskipun yang mengajar dan menjadi pembina adalah presiden sekalipun, tetap memanggilnya dengan sebutan Kakak Pembina. Alasannya untuk menimbulkan stigma bahwa di pramuka itu semuanya muda-muda.
  4. Dasar pelatihan pramuka sebenarnya adalah Militer. Karena itu topinya berbentuk baret cokelat, dengan setelan kemeja dan celana cokelat. Hanya saja kemasan penyajiannya dibuat unik dan menarik dengan tanpa kekerasan. Tapi tetap masih ada aktivitas latihan fisik. Tujuannya supaya para anggota merasa nyaman dan senang. 50% senang, 50% pengembangan diri.
  5. Setiap daerah dan provinsi di Indonesia memiliki tanda badge yang berbeda. Mulai dari warna, corak, dan bentuk. Setiap badge ini juga memiliki makna tersendiri. Biasanya terletak di lengan.
  6. Anggota Pramuka bisa naik pangkat. Ada 4 jenjang. Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega. Masing-masing jenjang juga ada tingkatan. Untuk Siaga : Mulia, Bantu, Tata. Untuk Penggalang : Ramu, Rakit, Terap. Untuk Penegak : Bantara, Laksana. Untuk Pandega tidak ada, karena ini kelas tertinggi.
  7. Senjata utama pramuka adalah tongkat dan tali. Dua alat ini bisa berubah menjadi apa saja seperti Tenda, Tandu, Bendera, dan lainnya hanya dengan sedikit kreativitas dan keuletan.
  8. Pramuka mengajarkan kemandirian, kedisiplinan, organisasi, bertahan hidup, kesehatan, lingkungan. Hanya saja hampir 80% hanya memandangnya sebagai pasukan berbaris saja.
  9. Pramuka di Indonesia lahir pada tanggal 14 Agustus 1961. Pada hari itu, seluruh kota dan tempat penting di Indonesia memperkenalkan pramuka kepada Umum. Termasuk Presiden Soekarno di Jakarta.
  10. Bapak pramuka dunia atau lebih dikenal dengan bapak Pandu Sedunia adalah Baden Powell.
  11. Film menarik Indonesia tentang pramuka adalah 5 Elang. Sementara film internasional adalah Up. Silakan nonton ya.

FIlm Pramuka 5 Elang Coboy Junior
Film Pramuka Up




Tidak ada komentar:

Posting Komentar